BTemplates.com

Pages

Minggu, 03 Mei 2015

SILSILAH WASIAT TERAKHIR MUFTI AHLUS SUNNAH YAMAN ASY-SYAIKH AL-'ALLAMAH AL-WALID MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB AL-WUSHOBI RAHIMAHULLAH [1]

  SILSILAH WASIAT TERAKHIR MUFTI AHLUS SUNNAH YAMAN ASY-SYAIKH AL-'ALLAMAH AL-WALID MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB AL-WUSHOBI RAHIMAHULLAH [1]
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
** WASIAT KEPADA **
PARA AHLUS SUNNAH
         DI YAMAN
             *****
1⃣ aku mewasiatkan kepada ahlus sunnah di Yaman hendaknya mereka mengetahui kadar serta kedudukan para syaikh mereka dan para ulama mereka, dan mereka adalah :
1. Asy-Syaikh Al-'Allamah Muhammad bin Abdullah Al-Imam
2. Asy-Syaikh Al-'Allamah Abdul Aziz bin Yahya Al-Buro'i
3. Asy-Syaikh Al-Mubarok Muhammad bin Sholih As-Saumali
4. Asy-Syaikh Ad-Da'iyah Al-Mubarok Abdullah bin Utsman Adz-Dzamari
5. Asy-Syaikh Al-'Allamah Abdurrahman bin Mar'i Al-Adeni
6. Asy-Syaikh Al-'Allamah Utsman As-Salimi
7. Asy-Syaikh Al-Fadil Abdullah bin Mar'i
maka merujuklah kalian kepada mereka dan hendaklah kalian mengambil faidah dari pengarahan-pengarahan mereka dan nasehat-nasehat mereka yang diberkahi, dan diambil faidah dari ilmu mereka dengan memberikan hasungan untuk hadir di pondok-pondok pesantren mereka, sungguh sekian umat telah mendapat manfaat dengan keberadaan pondok-pondok tersebut yang tak ada yang mampu menghitungnya kecuali Allah subhanahu wa ta'ala.
maka ambil lah faidah dari pondok-pondok tersebut dan hasunglah orang lain kepada pondok-pondok tersebut, pondok-pondok tersebut merupakan pembuka kebaikan dan penutup kejelekan, dan ditahdzir / diperingati orang-orang yang mentahdzir darinya.
2⃣ sebagaimana aku juga menasehatkan kepada ahlus sunnah dengan kesabaran dan tidak tergesa-gesa dan sikap berhati-hati setiap terjadi suatu perkara yang baru.
dan hendaklah tidak mendahului para ahli ilmu, bahkan sepatutnya untuk bersikap tenang dan bersabar hingga para ulama mengutarakan pendapat mereka dan hingga dikeluarkan pengarahan-pengarahan mereka, dan apa yang telah berlalu dari fitnah-fitnah merupakan sebuah pelajaran yang mencukupi untuk tidak mendahului ahli ilmu dalam hukum terhadap suatu permasalahan dan suatu kejadian.
nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda :
" sikap kehati-hatian itu dari Allah dan sikap ketergesa-gesaan itu dari syaithon "
Allah ta'ala berfirman :
" apabila datang suatu perkara dari rasa aman ataupun rasa ketakutan serta merta mereka menyiarkannya, seandainya mereka mengembalikan perkaranya kepada rasul dan kepada ulil amri di antara mereka, tentu akan mengetahuinya orang-orang yang mengambil pelajaran darinya "
dan nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda :
" keberkahan itu ada bersama para pembesar kalian "
3⃣ aku wasiatkan semoga Allah memberi taufiq kepada kalian semua untuk saling bersatu dan berkasih sayang karena Allah dan mengetahui bagi ulama mereka kadar serta kedudukan mereka dalam pandangan syariat yang adil tanpa disertai sikap ghuluw atau meremehkan hak mereka atau kaku dalam bermuamalah terhadap mereka dan mendo'akan bagi mereka dengan taufiq dan kekokohan dalam keadaan susah maupun lapang.
4⃣ dan aku mewasiatkan kepada mereka untuk saling berkunjung dan bermusyawarah di antara mereka dikarenakan sesungguhnya yang demikian itu terdapat padanya faidah yang agung serta bimbingan yang kokoh, mengisyaratkan kepada rihlah ilmiah menuntut hadits yang bermanfaat.
sungguh nabi Allah Musa telah melakukan rihlah / safar kepada Al-Khodir dan Jabir bin Abdillah telah melakukan rihlah ke negeri Mesir hanya karena menuntut sebuah hadits dan Ahmad bin Hanbal rihlah ke negeri Yaman, dan kitab Ar-Rihlah karya Al-Khothib Al-Baghdadi tidaklah asing oleh kalian.
dan senantiasa sunnah tersebut tegak sampai hari kiamat yaitu saling berkunjung karena Allah dan melakukan rihlah dalam rangka menuntut ilmu.
📝 sumber : [ lembaran wasiat al-wushobi hal 10-12 ]
_______________________
📜 وصيتي لأهل السنة في اليمن
===================
فبالإضافة إلى تلك الوصايا العامة أوصيهم بالآتي :
1⃣ أن يعرفوا لمشايخهم وعلمائهم قدرهم و مكانتهم، وهم :
1. الشيخ العلامة محمد بن عبد الله الإمام
2. الشيخ العلامة عبد العزيز بن يحيى البرعي
3. الشيخ المبارك محمد بن صالح الصوملي
4. الشيخ الداعية المبارك عبد الله بن عثمان الذماري
5. الشيخ العلامة عبد الرحمن بن مرعي العدني
6. الشيخ العلامة عثمان السالمي
7. الشيخ الفاضل عبد الله بن مرعي
فيرجعوا إليهم و يستفيدوا من توجيهاتهم و نصائحهم المباركة و يستفاد من علمهم بالحث على الحضور إلى مراكزهم التي نفع الله بها أمما لا يحصيها إلا هو -سبحانه- قاستفيدوا منها و حثوا غيركم إليها، فهذه المراكز مفاتيح للخير و مغاليق للشر و يحذر ممن يحذر منها.
2⃣ كما أوصيهم بالصبر و التمهل و التأني كلما جد جديد و ألا يتقدموا بين بدي أهل العلم بل يتريثوا و يصبروا حتى يقول العلماء كلمتهم و تصدر توجيهاتهم، وما مر من الفتن دروس كافية في عدم مسابقة أهل العلم في الحكم على القضايا و الأحداث.
قال صلى الله عليه و سلم :
" التأني من الله و العجلة من الشيطان "
وقال تعالى { وإذا جاءهم أمر من الأمن أو الخوف أذاعوا به و لو ردوه إلى الرسول و إلى أولي الأمر منهم لعلمه الذين يستنبطونه منهم }
وقال عليه الصلاة و السلام :
" البركة مع أكابركم "
3⃣ أوصيهم وفقهم الله بالتآلف و التحابب في الله و أن يعرف لعلمائهم قدرهم و مكانتهم الشرعية العادلة دون غلو أو إجحاف لحقهم أو جفاء في معاملتهم و الدعاء لهم بالتوفيق و السداد في الشدة و الرخاء.
4⃣ و أوصيهم بالتزاور و التشاور فيما بينهم فإن في ذلك فوائد عظيمة و إرشادات سديدة واحيا للرحلات العلمية الحديثية المفيدة، فقد رحل نبي الله موسى إلى الخضير و رحل جابر بن عبد الله إلى مصر من أجل حديث و رحل أحمد بن حنبل إلى اليمن و كتاب الرحلة للخطيب البغدادي ليس عنكم ببعيد.
ولا تزال هذه السنة قائمة إلى قيام الساعة أي التزاور في الله و الرحلة لطلب العلم.

Tidak ada komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About