Tanya : Apakah shalat tarawih 4 raka’at 4 raka’at dengan satu salam (lalu witir 3 raka’at) termasuk bid’ah ?
Jawab : Tidak, bahkan kaifiyyah shalat seperti itu shahih dicontohkan dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana perkataan ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa :
مَا كَانَ يَزِيدُ
فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً،
يُصَلِّي أَرْبَعًا، فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ
يُصَلِّي أَرْبَعًا، فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ
يُصَلِّي ثَلَاثًا
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah shalat di bulan Ramadlan maupun di bulan selainnya lebih dari sebelas raka’at.
Beliau shalat empat raka’at, kamu jangan menanyakan bagus dan
panjangnya. Setelah itu shalat empat raka’at dan kamu jangan menanyakan
bagus dan panjangnya. Kemudian beliau shalat tiga raka’at” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2013 dan Muslim no. 738].
Dhahir hadits ini menunjukkan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam shalat empat raka’at dengan satu salam. Inilah pendapat Abu Haniifah, sebagaimana disitir oleh Al-‘Iraaqiy rahimahumallah :
وَقَالَ أَبُو
حَنِيفَةَ الْأَفْضَلُ أَنْ يُصَلِّيَ أَرْبَعًا أَرْبَعًا وَإِنْ شَاءَ
رَكْعَتَيْنِ وَإِنْ شَاءَ سِتًّا وَإِنْ شَاءَ ثَمَانِيًا وَتُكْرَهُ
الزِّيَادَةُ عَلَى ذَلِكَ
“Abu Haniifah berkata : “Afdlal-nya
shalat malam empat raka’at empat raka’at. Apabila berkehendak, shalat 2
raka’at, apabila berkehendak shalat 6 raka’at, apabila berkehendak
shalat 8 raka’at. Dan dimakruhkan menambah raka’at dari itu” [Tharhut-Tatsriib, 3/357].
Ash-Shan’aaniy rahimahullah berkata :
يحتمل أنها متصلات و هو الظاهر . ويحتمل أنها منفصلات و هو بعيد الا انه يوافق حديث : صلاة الليل مثنى مثنى
“Kemungkinan empat raka’at tersebut bersambung, dan inilah yang dhaahir. Dan kemungkinan juga dipisah, namun (kemungkinan) ini sangatlah jauh. Hanya saja ia sesuai dengan hadits : ‘shalat malam itu dua raka’at dua raka’at” [Subulus-Salaam, 2/19].
Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah berkata saat menjelaskan beberapa sifat shalat taraawiih dalam hadits-hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
يصلي 11 ركعة أربعا بتسليمة واحدة ثم أربعا مثلها ثم ثلاثا
“Shalat 11 raka’at, yaitu : empat raka’at dengan satu salam, empat raka’at semisalnya, lalu tiga raka’at” [Shalaatut-Taraawiih, hal. 91].
Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Umar Bazmuul hafidhahullah berkata :
يشرع للمسلم أن يوتر بإحدى عشرة ركعة ، ويصليها على صفتين :
الأولى : أن يصلي مثنى مثنى عشر ركعات ثم يوتر بواحدة .
الثاني : أن يصلي أربعاً أربعاً ثم يصلي ثلاثاً.
“Disyari’atkan bagi muslim untuk shalat
witir 11 raka’at, yang dapat dilakukan dengan dua sifat : (1) shalat dua
raka’at dua raka’at sebanyak 10 raka’at, lalu shalat witir satu
raka’at; (2) shalat empat raka’at empat raka’at, lalu shalat witir 3
raka’at”……. Lalu beliau menyebutkan hadits ‘Aaisyah di atas [Bughyatul-Mutathawwi’, hal. 60-61].
Sebagian ulama memahami bahwa hadits ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa di atas (yang bersifat mutlak) dan mesti dibawa pada hadits ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa yang lain :
كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِيمَا بَيْنَ أَنْ
يَفْرُغَ مِنْ صَلَاةِ الْعِشَاءِ، وَهِيَ الَّتِي يَدْعُو النَّاسُ
الْعَتَمَةَ إِلَى الْفَجْرِ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً، يُسَلِّمُ بَيْنَ
كُلِّ رَكْعَتَيْنِ وَيُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ، فَإِذَا سَكَتَ الْمُؤَذِّنُ
مِنْ صَلَاةِ الْفَجْرِ، وَتَبَيَّنَ لَهُ الْفَجْرُ وَجَاءَهُ
الْمُؤَذِّنُ، قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ، ثُمَّ اضْطَجَعَ
عَلَى شِقِّهِ الأَيْمَنِ، حَتَّى يَأْتِيَهُ الْمُؤَذِّنُ لِلإِقَامَةِ
Biasanya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat setelah isya’ – yang oleh orang-orang dinamakan dengan shalat ‘atamah – sampai menjelang fajar sebanyak sebelas raka’at, salam pada setiap dua raka’at dan witir satu raka’at. Apabila mu’adzin telah
mengumandangkan adzan fajar, dan fajar telah nampak jelas dan
muadzinpun telah hadir, maka beliau shalat dua raka’at ringan (yaitu
shalat sunnah fajar) kemudian berbaring di sisi badan yang kanan
sehingga muadzin datang mengumandangkan iqamat” [Diriwayatkan oleh
Muslim no. 736].
Atau hadits Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhu, bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى
“Shalat malam itu dua raka’at dua raka’at”
[Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 991 & 993 & 1137, Muslim
no. 749, Abu Daawud no. 1326, dan yang lainnya dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa].
Bahkan sebagian ulama lain mengatakan tidak sah[1] !!
Pendapat ini tidaklah benar, wallaahu a’lam, karena sifat shalat malam Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dua raka’at dua raka’at bukanlah keharusan, akan tetapi merupakan sifat shalat yang paling sering dilakukan oleh beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Telah shahih dalam hadits bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat malam 11 raka’at tidak dengan dua raka’at dua raka’at. Mari kita simak hadits ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa yang lain, ia berkata :
كُنَّا نُعِدُّ لَهُ،
سِوَاكَهُ، وَطَهُورَهُ، فَيَبْعَثُهُ اللَّهُ مَا شَاءَ أَنْ يَبْعَثَهُ
مِنَ اللَّيْلِ، فَيَتَسَوَّكُ، وَيَتَوَضَّأُ، وَيُصَلِّي تِسْعَ
رَكَعَاتٍ، لَا يَجْلِسُ فِيهَا إِلَّا فِي الثَّامِنَةِ، فَيَذْكُرُ
اللَّهَ وَيَحْمَدُهُ وَيَدْعُوهُ ثُمَّ يَنْهَضُ، وَلَا يُسَلِّمُ، ثُمَّ
يَقُومُ فَيُصَلِّ التَّاسِعَةَ، ثُمَّ يَقْعُدُ فَيَذْكُرُ اللَّهَ
وَيَحْمَدُهُ وَيَدْعُوهُ، ثُمَّ يُسَلِّمُ تَسْلِيمًا يُسْمِعُنَا، ثُمَّ
يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ مَا يُسَلِّمُ وَهُوَ قَاعِدٌ، وَتِلْكَ
إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً، يَا بُنَيَّ، فَلَمَّا أَسَنَّ نَبِيُّ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَخَذَ اللَّحْمَ، أَوْتَرَ بِسَبْعٍ
وَصَنَعَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ مِثْلَ صَنِيعِهِ الأَوَّلِ، فَتِلْكَ تِسْعٌ
يَا بُنَيَّ
“Kamilah yang mempersiapkan siwak dan
air wudlu beliau. Bila Allah membangunkan beliau pada waktu yang
dikehendaki di malam hari, beliau bersiwak dan berwudlu lantas shalat
sembilan raka’at tidak duduk (tasyahud) kecuali pada raka’at kedelapan.
Beliau berdzikir, memuji Allah, dan berdoa, kemudian beliau bangkit dan
tidak salam meneruskan raka’at kesembilan. Kemudian beliau duduk,
berdzikir, memuji Allah, dan berdoa, kemudian salam dengan satu salam
yang terdengar oleh kami. Setelah itu beliau shalat dua raka’at sambil
duduk. Jadi jumlahnya sebelas raka’at wahai anakku. Ketika Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
telah tua dan gemuk, beliau berwitir tujuh raka’at, kemudian dua
raka’at setelahnya dilakukan seperti biasa, maka jumlahnya sembilan
wahai anakku” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 746].
Sangat terperinci sifat shalat witir beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits di atas. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak melakukannya dua raka’at dua raka’at. Sah kah shalat beliau tersebut ?. Tentu saja sah, karena apa yang dilakukan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang menjadi dalil bagi ibadah kita akan keabsahannya.
Walhasil, shalat malam atau shalat tarawih 4 raka’at dengan satu salam adalah boleh dan sah. Jika dilakukan dua raka’at dua raka’at, afdlal. Wallaahu a’lam.
[1] Ini merupakan pendapat Syaafi’iyyah.
(source: http://abul-jauzaa.blogspot.com/2013/07/shalat-tarawih-4-rakaat-dengan-1-salam.html)
Sumber : http://al-atsariyyah.com/shalat-tarawih-4-rakaat-dengan-1-salam-bidah.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar